5 Trik Mendapatkan Ide Bisnis Bagi Pengusaha Pemula

bisnis pemula
Sumber : www.ukmriau.com

Betapa banyak orang yang menginginkan membuka bisnis, namun belum menemukan ide bisnis yang tepat untuk dijalankan.

Apa benar mencari ide bisnis itu sulit? Kebanyakan memang berfikir seperti itu, Ide bisnis sulit untuk didapatkan. Jika dicermati, ada banyak metode yang bisa digunakan untuk mendapatkan ide bisnis. Lantas bagaimana cara menemukan ide dahsyat dalam berbisnis? Jika Anda masih bingung dalam menentukan ide bisnis,  berikut ada beberapa trik yang bisa digunakan untuk memunculkan ide bisnis.

Lakukan Riset Bisnis & Produk


Metode ini dilakukan dengan terukur, di mana ide bisnis yang dicari dapat diperoleh dari riset dan persentase yang dilakukan untuk memastikan jenis bisnis dan produk yang banyak diterima pasar. Riset bisa dilakukan dengan menanyakan kepada keluarga dan teman-teman. Selain itu juga bisa dilakukan di media sosial Anda atau bisa juga menggunakan Google Tran untuk mengetahui tran bisnis yang ada disuatu lokasi yang Anda inginkan.

Serap Ide dari Masalah Tiap Orang


Dalam kehidupan penuh dengan masalah. Tidak mungkin orang hidup tanpa masalah. Tentu dalam setiap permasalahan, seseorang membutuhkan solusi atas permasalahannya. Masalah yang pada awalnya bersifat peribadi jika dikembangkan akan bisa membuat ide cemerlang untuk di bisniskan.

Ada banyak contoh bisnis yang dijalankan berdasarkan permasalahan dari setiap orang. Contohnya yang sering dilihat adalah bisnis transportasi. Dimana transpostasi menjadi kebutuhan seseorang untuk berpindah dari suatu tempat ke tempat yang lain. Di sisi lain tidak semua orang memiliki kendaraan, maka atas permasalahan ini bermunculan alat tranportasi. Bahkan saat ini banyak bermunculan tranportasi online yang memudahkan orang jika ingin memesan jasa tranpostasi.

Belajar dari Kesuksesan Bisnis Orang

Saat ini sudah ribuan bahkan jutaan usaha yang berdiri, namun dari semuanya hanya sedikit yang mampu bertahan hingga puluhan tahun. Tentu usaha tersebut memiliki ke unggulan yang patut dipelajari sehingga bisa bertahan salam ini. Dari hal ini, Anda bisa menyaring dan menerapkannya sebagai gagasan untuk ide bisnis yang hendak dijalankan. Dalam menjalankannya Anda tidak perlu sama persisi dengan bisnis yang telah diamati. Anda bisa membuat pembeda dari bisnis tersebut. Cari yang bisa dilakukan dengan mengamati, meniru, dan tidak lupa modifikasi sehingga memiliki nilai lebih dari bisnis yang sudah ada.

Belajar dari Kekurangan Pesaing

Tidak hanya kelebihan atas bisnis orang lain yang bisa diambil, kekurangan bisnis orang lain menjadi ide dalam menjalankan bisnis. Anda bisa mencari langsung dengan datang sebagai konsumen terhadapat usaha yang sudah ada. Anda bisa berbincang-bincang dengan pengunjung lain untuk menanyakan mengenai hal ini.

Selain itu, jangan ketinggalan untuk berselancar di dunia maya melalui sosial media atau website. Disitu bisa mencari produk atau layanan serupa dengan bisnis yang ingin Anda jalankan. Amati setiap komentar pengunjung, catat apa saja keluhan yang ada. Dari sini, Anda bisa memberi pelayanan yang lebih baik dari apa yang diberikan oleh pesaing.

Ikuti Perkembangan Tren

Tren merupakan suatu yang banyak diminati oleh sekelompok orang pada satu waktu. karena itu, sebuah ide bisnis yang mengikuti tren akan berpeluang untuk digemari dan banyak menjaring konsumen dalam waktu cepat. Tidak ada yang salah dengan mengikuti tran, selama Anda mampu membuat bisnis tersebut berbeda dari yang lain. Tetapi, karena sebuah tren biasanya cepat berlalu , maka pastikan juga Anda memiliki solusi seandainya tren bisnis tersebut mulai memudar dan tidak lagi digemari.

Untuk aman dalam berbisnis Tren, Anda bisa melakukan pengamatan lebih mendalam terhadapa tren tersebut, apakah akan bertahan lama atau tidak. Jika tidak bertahan lama ada baiknya tinggalkan, jika bertahan lama lanjutkan.

Dari beberapa cara ide bisnis diatas, Anda dengan mudah mencari ide bisnis yang akan dijalankan. Pilhlah dan jalankan mana yang paling mudah untuk dijalankan. Pilih sesuai dengan kemampuan, badget, dan minat Anda terhadapa bisnis sehingga konsumen juga menjadi senang karena terpuaskan.

Sumber : jurnal.id

Belum ada Komentar untuk "5 Trik Mendapatkan Ide Bisnis Bagi Pengusaha Pemula"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel