Kantor Bursa Saham Dubai, Seperti apa isinya?

Bursa Saham Dubai (bisnis.liputan6.com)
Dubai Financial Market (DFM) merupakan bursa saham yang ada di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA). Gedung yang dijadikan DFM merupakan gedung tua di Dubai yang dibangun pada era 1970-an.

Segala aktivitas penawaran dan permintaan saham terjadi didalamnya. Sedikit berbeda dengan Bursa Saham pada umumnya, di Dubai rutinitas bekerja diawali dari Minggu bukan hari Senin. Sehingga hari libur bergeser ke hari Jum’at dan Sabtu. Ini menyebabkan Dubai Financial Market menjadi satu-satunya bursa saham di dunia yang buka pada hari Minggu.

DFM dalam sehari hanya membuka 4 jam saja. Bursa ini menjadi satu-satunya bursa saham syariah yang end to end, artinya semua prosesnya berlandaskan syariah.

DFM juga menyiapkan satu meja yang bisa bertatap muka antara pihak broker dan investor untuk saling berbicara mengenai saham sambil melihat ke layar destop.

Mengingatkan kembali, DFM dibangun dengan berlandarkan hukum Islam, maka ada pemisahan tempat untuk investor laki-laki dengan perempuan, alias ada tempatnya masing-masing.

Didalam kantor ini, terdapat 25 kantor broker yang dibuka. Kantornya tidak terlalu besar, hanya untuk reprsentatif saja. didalam kantor terdapat layat real time transaksi saham yang terjadi. Selain 25 broker diatas, masih ada 15 broker lagi yang ada di Dubai.

DFM saat ini memiliki indeks return 12 persen. Efek syariah yang ditawarkan yaitu saham, sukuk, reksa dana, ETF, dan REITS. Pangsa pasar sukuk global sebesar 10,5 persen atau terbesar ketiga di dunia. Sedangkan pangsa reksa dana syariah mencapai 0,4 persen secara global.


Sumber : www.kompas.com

Belum ada Komentar untuk "Kantor Bursa Saham Dubai, Seperti apa isinya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel