Tahukah anda keunggulan uang rupiah emisi 2016?

Keluarnya uang emisi baru disambut baik oleh masyarakat Indonesia. Tepatnya tanggal 19 Desember 2016 Bank Indonesia telah meluncurkan emisi baru. Peluncuran dan pengedaran uang emisi 2016 langsung diresmikan Presiden Joko Widodo di Gedung Bank Indonesia(BI).  Uang tersebut terdapat tujuh seri pecahan uang rupiah ketas , serta terdapat empat uang pecahan logam yang semuanya terdapat gambar pahlawan Indonesia.
Uang ini sudah beredar dimasyarakat, banyak masyarakat yang berbondong-bondong untuk menukarkan uang lamanya dengan uang emisi baru. Mereka beralasan ingin mengetahui bentuk uang jenis baru tersebut dan menginginkan menjadi orang pertama yang mendapatkan uang emisi terbaru. Uang tersebut terdiri atas pecahan Rp100.000,00, Rp50.000,00, Rp20.000,00, Rp10.000,00, Rp5.000,00, Rp2.000,00 dan Rp1.000,00 untuk uang pecahan kertas, sedangkan untuk uang pecahan logam terdiri atas Rp1.000,00, Rp500,00, Rp200,00, dan Rp100,00.
Dalam sambutannya, Presiden mengatakan agar masyarakat benar-benar mencintai mata uang indonesia. “Untuk terus mencintai rupiah dengan cara-cara yang nyata, menyimpan tabungan kita dalam bentuk rupiah.” Ujar Presiden Joko Widodo pada saat peluncuran uang emisi 2016.
Presiden juga mengatakan masyarakat juga harus menghargai mata uang rupih. Pasalnya mata uang rupiah tidak akan tergantikan sampai kapan pun dan juga Presiden menambahkan bahwa menghina rupiah sama saja dengan menghina Indonesia.
Selain uang emisi terbaru bisa membuat perhatian, uang ini juga terdapat keunggulan, adapun keunggulannya sebagai berikut :

1.Color Shifting

Artinya jika dilihat dari samping maka akan menampilkan perubahan efek warna secara kontras.

2.Latent Image

Akan muncul gambar terselebung berupa teks BI pada bagian depan dan angka nominal pada bagian belakang pada saat dilihat dari sisi latent imagenya.

3.Ultraviolet Feature (level 2)

Pada uang emisi ini, Bank Indonesia melakukan penguatan desain ultraviolet feature. Pada desain bisa memendar menjadi dua warna dibawah sinar matahari.

4.Rectoverso

Terdapat gambar saling isi berupa logo BI pada saat diterawang dari sisi rectoverso.

5.Blind Code

Ini merupakan fitur yang mengembirakan untuk sahabat kita yang mengalami tuna netra. Dalam uang emisi baru ada efek raba yang mempermudah untuk para tuna netra mengenali besarnya mata uang. Sebagai contoh dalam mata uang Rp100.000,00 terdapat efek raba satu garis, sedangkan untuk mata uang Rp50.000,00 terdapat efek raba dua garis, semakin kecil pecahan mata uang, maka semakin besar garis efek raba. Seperti pada mata uang Rp1.000,00 terdapat tujuh garis. Tentu terobosan ini sangat membantu sahabat yang mengalami kekurangan dalam penglihatan.

6.Total 17 Pengaman

Tentu dengan 17 pengaman, ini merupakan jumlah pengaman yang bisa dibilang tidak sedikit, dari 17 pengaman tersebut ada yang bisa diketahui oleh umum dan sisanya hanya diketahui oleh pihak bank. Dalam pembuatan pengamanan yang sedemikian rumpa tentu dari pihak bank sudah sangat bekerja keras, hal ini dikarenakan maraknya peredaran uang palsu. Bahkan menurut Direktur Eksekutif Pengelolaan Uang BI Suhaedi, emisi terbaru ini diklaim menjadi salah satu mata uang dengan sistem pengamana tertinggi di dunia. semoga dengan adanya pengaman yang sebaik dan sebanyak ini, jumlah peredaran mata uang palsu dapat ditanggulangi dan kita juga harus memberi apresiasi atas kerja keras Bank Indonesia.
Itulah eman keunggulan dari mata uang rupiah emisi 2016, semoga kita bisa mencintai mata uang rupiah, dan selalu menggunakan mata uang rupiah dalam setiap transaksi seperti yang diharapkan Presiden kita. Aamiin
Yuk . . bagikan artikel ini kepada sahabat kita yang lain, agar semua menjadi tahu mengenai ke unggulan emisi terbaru.
Sekian dan terima kasih

Sumber
- tonfeb.com, dan
- sulsel.pojoksatu.id

Belum ada Komentar untuk "Tahukah anda keunggulan uang rupiah emisi 2016?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel