Mencatat Indonesia untuk Indonesia Maju


Saat ini, Indonesia sedang melaksanakan sensus penduduk. Kita patut berbangga karena sensus penduduk tahun ini dilakukan dengan metode kombinasi, yaitu metode online dan wawancara langsung.

Dengan metode secara online, semua orang bisa melakukan sensus secara mandiri. Cukup dengan smartpone yang terhubung internet. Anda bisa melakukan sensus secara online.

Sebenarnya, apa sih sensus penduduk itu?

Sensus penduduk merupakan perhitungan jumlah secara periodik. Data yang dicapai, biasanya tidak hanya meliputi jumlah orang, tetapi juga fakta mengenai individu. Seperti jenis kelamin, usia, bahasa dan hal-hal lain yang dianggap perlu.

Sensus penduduk di Indonesia dilakukan 10 tahun sekali. Kenapa? Karena untuk melakukan sensus penduduk dibutuhkan persiapan yang matang. Tidak mudah untuk mengupulkan data penduduk Indonesia yang tersebar dari sabang sampai marauke. Setelah data terkumpul, BPS membutuhkan waktu untuk mengelolah data yang telah terkumpul sehingga siap di publikasikan dan digunakan oleh pihak terkait.

Selain itu, biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk ajang ini juga tidak sedikit. Badan Pusat Statistik (BPS) menggelontorkan data hingga Rp4 triliun untuk sensus penduduk tahun ini.  Sebesar 80% dana akan digunakan untuk biaya pelatihan, akomodasi dan tranportasi untuk petugas sensus.

Walau sudah menggunakan metode online, BPS juga menggunakan metode wawancara untuk mendata penduduk yang tidak tersentuh online. Melihat Indonesia yang penduduknya tersebar di berbagai pulai dan memiliki medan yang menantang sehingga tidak heran biaya yang dikeluarkan BPS cukup besar.

Menurut data APJII,  penetrasi pengguna internet di Indonesia tahun 2018 berada di angkat 64,8 persen atau 171,17 juta jiwa dari total penduduk Indonesia. sehingga, tidak heran jika BPS mulai mengembangkan sensus penduduk secara online. Ini di nilai lebih cepat dan lebih murah ketimbang metode wawancara lansung.

Manfaat Sensus Penduduk?

Sensus penduduk bukan hanya sekedar untuk mendata dan dibiarkan saja. Melalui sensus penduduk pemerintah bisa mengetahu profil masyarakat Indonesia. Mulai jumlah penduduk setiap wilayah, karakteristik penduduk berdasarkan usia, jenis kelamin, suku, dan data pendukung lainnya.

Data-data ini akan digunakan pemerintah untuk perencanaan dan evaluasi kebijakan. Contohnya pemerintah ingin membangun rumah sakit. Tentu pemerintah akan memperhitungkan berapa jumlah penduduk yang bermukim didaerah tersebut, tidak mungkin pemerintah membangun rumah sakit ditempat yang jarang penduduknya. Jika itu terjadi maka program itu tidak tepat sasaran.

Dibutuhkan data yang berkualitas untuk setiap program, sehingga sensus ini sangat penting untuk kebaikan Indonesia. Untuk data yang berkualitas dibutuhkan partisipasi seluruh masyarakat.

Cara Isi Sensus Penduduk Online 2020

Proses pengisian data penduduk bisa dilakukan oleh kepala keluarga atau anggota keluarga yang terdaftar di Kartu Keluarga (KK).

Untuk memulai sensus penduduk online, siapkan terlebih dahulu KTP, KK, dan Akte Pernikahan (jika ada).

Pastikan aplikasi dalam perangkat Anda berada di versi terbaru. Selanjutnya langsung meluncur ke sensus.bps.go.id . Anda bisa login dengan nomor NIK dan nomor KK.


Setelah selesai mengisi semua, pastikan Anda mendapatkan bukti bahwa telah melakukan sensus penduduk secara online.

BPS menargetkan 20 persen penduduk Indonesia terdata melalui metode online, padahal angka penetrasi internet berada di angka 64,8 persen. Masyarakat Indonesia terutama para milenial bahkan bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk menonton youtube, bermain game online atau hanya sekedar melihat status mantan di instagram atau facebook. Sedangkan untuk melakukan sensus penduduk, hanya membutuhkan waktu paling lama 5 menit untuk setiap individu. BPS juga menjamin kerahasiaan data sesuai dengan UU No. 16 tahun 1997 tentang Statistik. Sehingga data kita aman deh !!

Tidak ada alasan untuk malas mendata diri sendiri, jangan sampai pemerintah tidak membangun fasilitas di tempat Anda karena menurut data masyarakat yang tinggal disitu sedikit atau sama sekali tidak ada. Ayo kita sukseskan sensus penduduk tahun 2020. Data akurat, Indonesia Jaya.

Belum ada Komentar untuk "Mencatat Indonesia untuk Indonesia Maju"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel