Yakin Gak Butuh Investasi?Pelajari Alasan seseorang Melakukan Investasi!

Yaa. . . Kenapa kita harus investasi?

Sebelum kita membahas alasan dari investasi. Kita harus tahu dulu apa itu investasi?
Semua orang sering mendengar kata investasi. Mulai dari anak-anak sampai nenek dan kakek. Investasi di Indonesia sudah ada sejak lama. Zaman dahulu orang suka membeli rumah dan eemas, hal tersebut disimpan sampai dengan waktu yang tidak diketahui. Dengan harapan jika disuatu saat ada kebutuhan yang sifatnya darurat dan penting bisa dijual kembali dengan harga yang jauh lebih mahal. Hal ini sudah teremasuk yang dinamakan dengan investasi. 
Menurut Sawidji Widoatmodjo dalam bukunya yang berjudul “Cara Benar Mencapai Puncak kemakmuran Finansial” mengartikan dari beberapa pendapat ahli , menyimpulkan bahwa investasi memiliki 3 (tiga) hal pokok, yaitu : aset dimana sekarang, komitmen, dan periode waktu. Singakatnya, investasi adalah berkomitmen untuk menggunakan aset yang ada sekarang dalam periode waktu tertentu guna mendapatkan keuntungan yang lebih dari aset yang sekarang. 
Dari difinisi tersebut dengan jelas mengenai apa itu investasi tersebut. Hal ini sama dengan orang tua kita dahulu. Yang melakukan transaksi rumah, tanah atau emas. Walau mungkin pada saat itu belum dikenal kata investasi, tapi konsep awalnya mereka sudah melakukannya. 
Sekarang sahabat sudah mengetahui apa itu investasi, sekarang kita emasuk ke alasan kenapa perlu berinvestasi. Berikut beberapa alasan untuk berinvestasi.

1.    Aman

Sebagian orang zaman dulu yang tidak membeli tanah atau emas, pasti akan menyimpan uang mereka dibawak kasur. Untuk zaman sekarang, yang teknologi semakin canggih, tentu hal tersebut sudah tidak zamannya lagi. Zaman sekarang agar uang kita tidak dicuri atau berhamburan begitu saja, tentu investasi merupan solusi untuk sahabat.

2.    Dapat berjaga-jaga

Untuk berjaga-jaga. Berjaga-jaga bagaimana? Ketika kita bekerja disuatu perusahaan kita tidak tahu akan sampai kapan bekerja disana. Bahkan perusahaan tersebut bangkrut merupakan suatu hal yang tak mustahil. Jika perusahaan bangkrut otomatis kita akan kehilangan pekerjaan. Dengan adanya investasi tentu akan membantu keuangan sahabat. uang hasil investasi dan pesangon sahabat bisa digunakan untuk kebutuhan sahabat dan bisa sebagai modal awal untuk usaha.

3.    Mendapatkan untung

Tentu saja fungsi dari investasi untuk mendapatkan untung. Kita contohkan dalam hal investasi emas. Jika sahabat ditahun 2017 membeli emas dengan harga Rp580.000,00/gram. Kemudian ditahun 2027 atau 10 tahun kemudian apa sahabat akan menjual dengan harga yang sama. Tentu tidak, sahabat pasti akan menjual dengan harga yang lebih tinggi, dan selisih harga beli dan harga jual merupakan keuntungan sahabat. Sudah jelas yaa . . .  investasi akan mendapatkan untung baik untuk modal yang besar atau yang kecil. Cuman semakin besar modal investasi diperkirakan akan besar juga keuntungannya, begitu juga sebaliknya.

4.    Hemat tenaga dan waktu

Investasi menghemat tenga dan waktu, tentu saja. karena prinsip dari investasi tidak memerlukan tenaga dan waktu yang banyak. Berbeda dengan halnya jika mendapatkan uang dengan cara barter dengan tenaga dan waktu. Diinvestasi kita mempercayakan sejumlah modal kita keorang lain untuk mendapatkan keuntungan seperti  investasi reksadana. Tapi jika sahabat menginvestasikan uang sahabat ke emas atau kontakkan tentu sahabat bisa menghendelnya sendiri, tentu dengan tenaga dan waktu yang minim.

5.    Mengalahkan inflasi

Tidak dipungkiri lagi bahwa inflasi di Indonesia tiap tahun mengalami kenaikan. Uang Rp100.000,00 pada tahun 2000 tidak sama dengan nilai uang Rp100.000,00 pada tahun 2017. Hal ini dikarenakan adanya inflasi. Dengan investasi maka uang sahabat akan mengalahkan persentasi inflasi dan masih memili daya beli dan daya tukar.

6.    Kebebasan finansial

Cara yang paling tepat untuk bebas dalam hal finansial adalah investasi. Seperi yang dipaparkan diatas, dengan berinvestasi maka uang sahabat akan bertambah dengan sendirinya. Investasi juga bisa dikatakan berternak uang. Karena tidak perlu bekerja banting tulang dari pagi sampai sore. Dengan demikian, sahabat dengan tenang menikmati hidup bersama keluarga.

7.    Dana di hari tua

Berinvestasi dimasa muda, tentu hal ini akan digunakan dikemudian hari. Dikemudian hari itu tentu salah satunya digunakan untuk hari tua. Karena tidak semua perusahaan yang memberikan dana di hari tua. Dengan berinvestasi tentu akan membebaskan finansial dihari tua.
Demikianlah alasan kenapa kita perlu untuk investasi, mulailah berinvestasi dari sekarang ketika ada dana lebih. Langkah dihari ini menentukan kehidupan dimasa yang akan datang.
Nah itu dia alasan kenapa kita harus berinvestasi. Semoga bermanfaat untuk sahabat, dan silahkan bagikan artikel ini kepada sahabat yang lain.
Sumber : Elekson Marojahan,S.E.,DKK. Step by Step “Main” Reksa Dana untuk Pemula. Cemerlang Publishing. 2014.
 

Belum ada Komentar untuk "Yakin Gak Butuh Investasi?Pelajari Alasan seseorang Melakukan Investasi!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel