Konsep Dasar Manajemen


1.    Pengertian Organisasi
•    Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerjasama dalam struktur dan kordinasi tertentu dalam mencapai serangkaian tujuan tertentu.(Griffin,2002)

•    Sekumpulan orang atau kelompok yang memiliki tujuan tertentu dan berupaya untuk mewujudkan tujuannya tersebut melalui kerjasama. (Ernie&Kurniawan,2005)

2.    Jenis-Jenis Organisasi
v    Organisasi Profit
    Perusahaan Besar
    Perusahaan manufaktur, Bank Umum, Perusahaan Asuransi, Perusahaan Ritel, dll
    Perusahaan Kecil
    Koperasi
    Perusahaan Multinasional
    dll

v    Organisasi Non Profit/Nirlaba
    Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Pemerintah Kota
    Lembaga Pendidikan Negeri
    Yayasan Sosial,
    dll

3.    Pengertian Manajemen
Hingga saat ini, tidak ada pengertian yang pasti mengenai manajemen. Mary Parker Follett pada tahun 1997 mendifinisikan manajemen sebagai seni dalam menyelesaikan sesuatu melalui orang lain. Difinisi ini mengansung arti bahwa setiap manajer untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi tidak bisa melakukan tugas-tugas itu sendiri.

Sedangkan menurut Nickels, McHugh and McHugh pada tahun 1997 manajemen merupakan Sebuah proses yang dilakukan untuk mewujudkan tujuan organisasi melalui rangkaian kegiatan berupa perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian orang-orang serta sumber daya organisasi lainnya. Menurut Ernie&Kurniawan dalam bukunya, mengatakan manajeman adalah seni atau proses dalam menyelesaikan sesuatu yang terkait dengan pencapaian tujuan.

Banyak orang yang mencoba untuk mendifinisikan pengertian manajemen. Pengertian manajemen begitu luas, sehingga tidak ada difinisi yang pasti mengenai hal ini. Untuk lebih memperjelas mengenai pengertian manajemen kita akan membicarakan topik-tipik berikut :

    Manajemen sebagai ilmu dan seni
Luther Gulick mendifinisikan manajemen sebagai suatu bidang ilmu pengetahuan (Science) yang berusaha secara sistematis untuk memahami mengapa dan bagaimana manusia bekerja bersama untuk mencapai tujuan dan membuat sistem kerjasama ini lebih bermanfaat bagimanusia. Menurut Gulick manajemen telah memenuhu syarat untuk dijadikan ilmu pengetahuan, karena telah dipelajari dalam waktu yang lama dan telah diorganisasikan menjadi suatu rangkaian teori, serta berdasarkan ujian yang ada. Seperti yang disampaikannya bahwa manajemen mengandung mengapa dan bagaimana.

Manajemen juga dikatakan sebagai seni. Kenapa dikatakan sebagai seni? Karena gaya atau cara seseorang dalam mempraktekkan suatu tindakn berbeda-beda. Itulah sebabnya manajeman dikatakan sebagai seni.

Manajemen bukan hanya ilmu atau seni, tetapi manajemen bisa juga perpaduan antara keduanya. Perpaduan keduanya tidak dalam proporsi yang tetap tetapi dalam proporsi yang bermacam-macam.

    Manajemen sebagai profesi
Edgar H.Schein telah menguraikan karakteristik-karakteristik untuk menentukan sesuatu sebagai profesi yang dapat diperincikan berikut :

1.    Para profesional membuat keputusan atas dasar prinsip-prinsip umum.

2.    Para profesional mendapatkan status mereka karena mencapai standar prestasi kerja tertentu, bukan karena favorisme atau karena suku bangsa atau agamanya dan kriteria politik atau sosial lainnya.

3.    Para profesional harus ditentukan oleh suatu kode etik yang kuat, dengan disiplin untuk mereka yang menjadi kliennya. Manajeman menjadi bidang yang sangat berkembang, hal ini didasari oleh banyak materi yang ada di Internet, pembelajaran-pembelajaran di univesitas, tempat kusus dan lembaga-lembaga lain.

4.    Mengapa Manajemen Dibutuhkan
Pertanyaan diatas merupakan hal yang menarik untuk dibahas. Kita tadi sudah membahas mengenai pengertian manajemen. Sekarang timbullah pertanyaan, mengapa manajemen dibutuhkan? Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi bahkan individu, karena tanpa mamanjemen, semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit atau bahkan bisa tidak tercapai. Ada tiga alasan utama kenapa manajemen dibutuhkan :

-    Mencapai tujuan.
-    Keseimbangan di antara tujuan-tujuan.
-    Efisiensi dan efektivitas
Itulah tiga alasan kuat kenapa manajemen dibutuhkan.

5.    Faktor-faktor dalam pencapaian tujuan
-    Adanya penggunaan sumber daya organisasi, baik sumber daya manusia, maupun faktor-faktor produksi lainnya. Sumber daya tersebut meliputi sumber daya manusia, sumber daya alam, sumber daya keuangan, serta informasi (Griffin,2002)

-    Adanya proses yang bertahap dari mulai perencanaan, pengorganisasian, pengarahan dan pengimplementasian, hingga pengendalian dan pengawasan.
-    Adanya seni dalam menyelesaikan pekerjaan.

6.    Sumber-sumber daya organisasi
    Sumber Daya Manusia
    Sumber Daya Informasi
    Sumber Daya Fisik
    Sumber Daya Keuangan
    Sumber Daya Alam
    dll

7.    Fungsi-fungsi Manajeman
    Perencanaan (Planning)
    Pengorganisasian (Organizing)
    Pengarahan dan pengimplementasian (Directing/Leading)
    Pengawasan dan Pengendalian (Controlling)
8.    Fungsi Operasional dalam Manajemen
    Manajemen Sumber Daya Manusia
    Manajemen Pemasaran
    Manajemen Operasi/Produksi
    Manajemen Keuangan
    Manajemen Informasi

Demikianlah pembahasan mengenai konsep dasar manajemen. Mungkin dalam artikel ini tidak saya uraian secara perinci, mungkin dilain kesempatan akan saya posting lebih lengkap dalam kegiatan-kegian yang ada dalam menjemen.

Jika artikel ini dapat membantu sahabat silahkan klik bagikan artikel ini ke sahabat-sabat yang lain dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Sekian dan terima kasih.

Dikutip dari buku  karangan T. Hani Handoko(2009) dan buku karangan Ernie & Kurniawan (2005)

Belum ada Komentar untuk "Konsep Dasar Manajemen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel